Cara Cangkok Tanaman Kelengkeng


Halo, sobat pembaca di postingan kali ini saya akan membahas bagaimana sih cara untuk mencangkok tanaman kelengkeng?

Perbanyakan tanaman lengkeng sebenarnya ada dua cara yaitu vegetatif dan generatif.Kedua cara tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, saya sendiri lebih suka perbanyakan tanaman dengan cara vegetatif karena lebih cepat berbuah.Perbanyakan vegetatif biasanya diperuntukan untuk budidaya.

Baca juga: Air Terjun Curug Sewu

Cara perbanyakan vegetatif ada dua cara yaitu dengan teknik cangkok dan teknik sambung (stek).Perbanyakan secara vegetatif sangat disukai para petani atau pembudidaya tanaman karena memilki banyak kelebihan. Kelebihannya adalah sifat yang diturunkan sama dengan induknya dan akan lebih cepat berbuah,sedangkan kekurangannya adalah tanaman ketika sudah besar akan mudah roboh dikarenakan berakar serabut dan tidak mempunyai akar tunggang.

Pemilihan induk sangat berpengaruh dalam hal pencangkokan ini dikarenakan hasil akan sama persis dengan induknya.Induk yang akan di cangkok harus yang mepunyai kualitas buah yang bagus dan berbuah lebat. Jika kita sudah medapatkan induk yang sesuai,
tahapan selanjutnya adalah sebagai berikut :




  • Mempersiapkan bahan dan alat.Bahan dan alat yang digunakan adalah media tanah, plastik, tali rafia dan pisau.Untuk plastik bisa juga di ganti dengan sabut kelapa.
  • Memilih ranting, pilih ranting yang bagus atau lurus usahakan ranting jangan terlalu besar atau terlalu kecil, yang sedang-sedang saja ya sobat.
  • Mengerat batang untuk menghilangkan kambium (kulit ari) melingkar pada batang dengan panjag 3-5 cm.Batang harus benar-benar bersih dari kambium agar proses pencangkokan berhasil. Panjang ranting dari ujung daun sampai ujung leher keratan minimal 50 cm.
  • Biarkan selama 1-2 hari agar kambium yang masih menempel pada batang mengering.
  • Rendam media tanah yang akan di gunakan ke dalam air.
  • Berilah obat perangsang akar agar akar cepat tumbuh (opsional)
  • Memasang plastik/sabut kelapa tempat media dengan cara di ikat pada bawah batang yang di kerat.
  • Memasukan media ke dalam plastik/sabut kelapa kemudian di ikat bagian atasnya.
  • Jaga kelembaban media dengan menyiram jika media mulai mengering.





Gambar 1. Tahap pelaksanaan cangkok


Keberhasilan cangkok ditandai terbentuknya akar yang dapat dilihat dari luar.Apabila akar tidak muncul maka cangkok tidak berhasil.Hal ini biasanya disebabkan masih adanya kambium yang menempel pada batang atau kurangnya penyiraman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »