Mengenal Reksadana Dan Cara Kerjanya Untuk Pemula

Cara Kerja Reksadana

Investasi,memangnya harus?tentu saja. Investasi menjaga kehidupan finansial anda di masa depan.Namun bukankah investasi itu butuh modal yang besar? tenang sobat sekarang ini ada jenis investasi yang memungkinkan anda berinvestasi walau dengan modal yang kecil.Kamu pernah mendengar reksadana,apa yang terlintas di pikiran kamu saat mendengar reksadana?memusingkan atau bahkan merepotakan.
Nah kali ini saya akan menjelaskan cara kerja reksadana. 

Baca juga:Macam-Macam Jenis Reksadana

Pengertian Reksadana
Reksadana dana adalah sebuah wadah investasi,di mana para investor mengumpulkan dana mereka dan selanjutnya dana akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) sesuai dengan tujuan investasinya.
Perusahaan manajer investasi memiliki para profesional yang berkualifikasi dan berpengalaman.Manajer investasi akan menginvestasikan dana dari investor ke dalam berbagai instrumen seperti saham,obligasi,dan pasar uang.
Kita mengetahui bahwa harga saham dan obligasi dapat naik dan turun secara cepat, hal tersebut adalah hal yang tidak dapat dihindari.
Untuk meminimalisir naik dan turunya harga saham, manajer investasi akan berinvestasi tak hanya ke satu saham, tetapi beberapa saham.

Setelah uang anda investasikan di reksadana, anda akan di berikan unit penyertaan yang mewakili uang yang anda investasikan.
Nah, disini kita mengenal NAB (Nilai Aktiva Bersih) reksadana,NAB per unit adalah nilai satu dari investasi anda.Unit penyertaan tersebut dapat dengan mudah anda cairkan untuk mendapatkan kembali uang yang telah anda investasikan.Anda dapat melihat NAB di surat kabar atau website seperti www.bareksa.com.

Anda dapat berinvestasi secara sekaligus maupun sedikit demi sedikit, hal ini membuat reksadana dapat di akses siapapun.
Jadi apakah investasi anda berjalan dengan baik,bagaimana anda tau? Setiap reksadana memiliki tolak ukur untuk mengukur kinerja mereka. Dengan andanya benchmark, kita dapat mengetahui tinggi atau rendahnya return dalam resiko reksadana.
Reksadana dapat dikatakan memberikan return tinggi apa bila returnnya di atas return bechmark.

Tugas manajer investasilah untuk mengalisis pasar dan mengelola portofolio reksadana,itulah mengapa kita membayar mereka.

Nah gambar di atas mewakilkan manfaat dari reksadana.Bagaimana sobat? Sudahkan sobat berminat berinvestasi reksadana.??tentukan masa depanmu dari sekarang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel