Macam-Macam Jenis Reksadana

macam jenis reksadana

Macam-Macam Jenis Reksadana - Hai gengs, di artikel sebelumnya saya sudah membahas cara kerja reksadana.Nah kali ini saya akan menshare macam dan jenis reksadana.
Instrumen reksadana sendiri dibagi menjadi 4 macam sobat, mulai dari resiko rendah sampai resiko yang tinggi, perlu diingat resiko reksadana yang tinggi akan memberikan imbal hasil (return) yang tinggi pula, sebaliknya reksadana dengan resiko rendah akan memberikan imbal hasil yang rendah (high risk high return).
Untuk sobat yang masih pemula, sebaiknya pilih reksadana dengan resiko yang rendah untuk menghindari fluktuasi pasara yang tidak menentu.
Nah di bawah ini beberapa macam dan jenis reksadana dari yang resiko rendah sampai resiko tinggi.

1.Reksadana Pasar Uang (Money Market)

Reksadana jenis ini sangat minim resiko, namun reksadana jenis ini juga memberikan hasil yang rendah.Namun keuntungan yang di dapatkan biasanya lebih besar daripada bunga deposito.Reksadana jenis ini cocok bagi investor pemula yang tidak ingin pokok tabungannya berkurang karena harga NAB yang bisa turun kapan saja.
Pada instrument pasar uang biasanya para manajer investasi akan menginvestasikan dana yang terkumpul kedalam obligasi,atau sertifikat deposito bank.

2.Reksada Pendapatan Tetap

Reksadana ini termasuk dalam kaetegori resiko menengah, return per tahun yang lumayan sampai 10% menjadi alternatif investasi jangka menengah hingga jangka panjang.

3.Reksadana Campuran

Reksadana ini biasanya campuran antara efek saham dan obligasi, sehingga bisa meminimalisir kerugian berinvestasi.Buat anda yang ingin berinvestasi jangka panjang, reksadana campuran bisa menjadi pilihan.

4.Reksadana Saham

Dengan resiko paling tinggi reksadana saham bisa memberi imbal hasil yang tinggi pula,10-20% per tahun bahkan bisa lebih jika kondisi pasar sedang bagus.Anda yang ingin berinvestasi di reksadana saham harus siap dengan resikonya, karena harga saham tiap hari bisa berubah naik atau turun secara drastis.Bersiaplah melihat dana anda berkurang saat harga NAB/unitnya turun.
Jika anda akan menjual reksadana anda tunggu hingga harga NABnya naik(bagus).

Itulah macam jenis reksadana gengs,semoga artikel kali ini bermanfaat ya gengs..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »